Mahasiswa Jurusan Fisika UIN Alauddin Makassar Kembali Meraih Prestasi Internasional

Mahasiswa Fisika Uin Alauddin Makassar kembali meraih prestasi internasional. Kali ini, mereka berhasil mendapatkan medali emas  pada ajang kompetisi 16Th International Invention And Innovation Show Intarg Polandia.

Mahasiswa jurusan fisika UINAM kembali mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional

Kompetisi tersebut terlaksana secara online dan offline  yang berpusat di Polandia, pada 24-25 Mei 2023.

Tri Gunawan Musa, Fira Yurdanianti dan Agung Putra, selaku mahasiswa yang menorehkan prestasi pada tingkat internasional tersebut  mengangkat judul penelitian  “Ultilization Of Durian Seed Waste Starch (Durio Zhibetinus Murr) As Biodegradable Plastic With Addition Of Tio2” berhasil meraih medali emas dari 42 negara yang ikut berkompetisi.

Mahasiswa Fisika sudah seringkali mengikuti lomba baik di tingkat nasional maupun internasional. Fira Yurdanianti mengatakan bahwa Informasi lomba di dapatkan berawal dari mengikuti kegiatan-kegiatan yang di selenggarakan oleh Hmj Fisika.

“Informasi lomba-lomba seperti itu didapat dari Instagram. Akan tetapi, semua itu berawal dari mengikuti kegiatan-kegiatan himpunan yaitu Hmj Fisika salah satunya adalah Riset Club. Nah, dari sinilah mulai berkembang lagi dan mencari informasi lomba internasional,” pungkasnya.

Di samping itu, Tri Gunawan Musa mengatakan bahwa bukan hanya Polandia tapi mereka juga lolos di Malaysia, Jepang dan Cina namun akhirnya memilih Polandia.

“Kami coba masuk lab untuk melakukan pengujian dan ternyata hasilnya bagus. Karena itu kami coba mendaftar dan Alhamdulillah ternyata lolos di Malaysia, Polandia, Jepang dan China. Tapi, kami sepakat untuk memilih Polandia karena sebelumnya juga sudah pernah ikut kompetisi di Malaysia, jadi kami tertantang untuk ikut di negara bagian Eropa,” jelasnya.

Selain itu, Agung Putra berharap agar bisa kembali mengikuti kompetisi-kompetisi lain pada tingkat nasional, utamanya international dengan membawa juara serta pengalaman.

Semoga ini bisa menjadi pemantik atau motivasi bagi kita semua khususnya mahasiswa jurusan fisika sendiri untuk terus berprestasi dan mencoba melakukan yang terbaik.

Penulis: Hijriani

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

HMJ Fisika
HMJ Fisika
Articles: 21