Pengaplikasian ilmu Fisika dalam Bidang Geologi

Jika berbicara mengenai struktur bumi atau alam semesta erat kaitannya dengan ilmu fisika, karena fisika merupakan bagian dari Geologi. Ilmu Geologi mempelajari tentang planet bumi, terutama mengenai materi penyusunannya serta proses dan cara kerjanya. Sedangkan ilmu Fisika, secara garis besar mempelajari mengenai gejala alam, dari mahluk hidup hingga benda mati. Penyebutan untuk gabungan antara ilmu Geologi dan Fisika adalah Geofisika atau Geophysics.

Arti dari Geophysisc dalam bahasa Inggris terdiri dari dua kata yaitu geo dan fisika, geo berarti bumi dan fisika memiliki makna fisika. Secara garis besar geofisika adalah ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip fisika untuk mengetahui dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bumi, serta ilmu yang mempelajari bumi dengan menggunakan prinsip-prinsip fisika. 

Geofisika mempelajari bagian-bagian dari inti dan luar bumi yang tidak dapat dilihat secara langsung dari permukaan. Melalui proses pengukuran ilmu fisika dengan menggunakan peralatan yang ada di permukaan bumi. Ilmu Geofisika mampu menafsirkan pengukuran untuk mendapatkan informasi yang cukup akurat yang nantinya akan berguna untuk mengetahui struktur dan komposisi lapisan bumi.

Geofisika dimanfaatkan dalam penyelidikan bidang kebumian, seperti mitigasi pada bencana gempa bumi, bencana gunung berapi, eksplorasi minyak bumi dan logam. Di bidang infrastruktur, pemanfaatan ilmu geofisika digunakan dalam pembangunan seperti jalan, jembatan, dan bangunan.

Secara umum, ilmu geofisika terbagi menjadi dua kategori yaitu metode pasif dan aktif. Metode pasif dilakukan dengan cara pengukuran medan alami yang di pancarkan oleh bumi. Sedangkan metode aktif dilakukan dengan membuat medan gangguan kemudian mengukur respons yang dilakukan oleh bumi. Ada beberapa macam medan alami yang dapat diukur antara lain radiasi gelombang bumi,  magnetik, listrik dan elektromagnetik. Pada medan buatan dapat berupa pemberian listrik dan juga pengiriman sinyal radar.

Beberapa metode lainnya terbagi menjadi beberapa bagian di bidang Geofisika yaitu metode seismik, gravitasi, magnetik, dan juga elektromagnetik. Selanjutnya, Artikel ini akan membahas beberapa macam metode yang di gunakan dalam pengukuran pada bidang geofisika.

1. Metode Seismik

Metode seismik didasarkan pada konsep penjalaran gelombang dalam medium bumi. Metode ini terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu aktif dan pasif. metode seismik aktif yakni refraksi dan refleksi (metode konvensional) yang telah menjadi standar dalam eksplorasi, sedangkan metode pasif memanfaatkan gelombang seismik yang dihasilkan oleh alam sehingga dapat digunakan melihat dan memprediksi bencana pada gempa bumi.

2. Metode Gravitasi

Pada metode ini, gaya yang digunakan bekerja tanpa adanya sentuhan langsung dengan benda. Material yang ada pada medan gravitasi otomatis medan gravitasi akan bekerja dengan sendirinya. Metode ini digunakan untuk mengukur kondisi struktur bawah permukaan dan interpretasi kelayakan geothermal dalam eksplorasi lanjutan. 

3. Metode Magnetik dan Elektromagnetik

Metode magnetik banyak digunakan sebagai survei pendahuluan eksplorasi minyak bumi, panas bumi, batuan maupun monitoring gunung api ataupun mencari target barang yang mengandung baja/besi. Metode ini pengukurannya cukup akurat dengan proses yang sangat sederhana. Sedangkan pada metode elektromagnetik, digunakan dalam mengamati paramater bumi dengan karakter yang mencakup panjang gelombang, amplitudo, kecepatan dan frekuensi.

Referensi :

ITB, Webmaster Team, Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi. "Program Studi Sarjana Teknik Geofisika -". Institut Teknologi Bandung. 
https://geoinfo.nmt.edu/geoscience/projects/astronauts/gravity_method.html
Geldart, L. P.; Sheriff, R. E.; Telford, W. M., ed. (1990). Applied Geophysics. 
Wijaya, Andrias Sanggra (2015). "Aplikasi Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner Untuk Menentukan Struktur Tanah di Halaman Belakang SCC ITS Surabaya".
Suyanto (2008). "Eksplorasi Batu Besi Dengan Metode Polarisasi Terinduksi di Ujung Langit, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat"
"Metode Ground Penetrating Radar | Jasa Konsultan Survey Geofisika"
Miftahul Khair
Miftahul Khair

Oke

Articles: 43