Peran Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

Fisika adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari sifat-sifat dasar materi dan energi serta interaksi antara keduanya melalui ruang dan waktu. Ini mencakup bidang seperti mekanika, termodinamika, elektromagnetisme, optik, fisika modern, dan banyak lagi. Fisika membantu menjelaskan fenomena alamiah dan memungkinkan pengembangan teknologi yang penting bagi kemajuan manusia. Fisika memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Ini memungkinkan kita untuk memahami alam semesta dan fenomena alamiah yang terjadi di sekitar kita, seperti gerak, energi, listrik, magnetisme, dan banyak lagi.

Fisika juga menjadi dasar bagi banyak teknologi modern, mulai dari komunikasi nirkabel hingga kendaraan bertenaga listrik, dan bahkan dalam bidang medis seperti pencitraan medis dan terapi radiasi. Selain itu, kontribusi fisika juga sangat penting dalam pengembangan sumber energi terbarukan dan penelitian tentang perubahan iklim. Dengan memahami prinsip-prinsip fisika, kita dapat mengatasi tantangan teknis dan ilmiah dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Di beberapa penemuan yang sudah diciptakan umat manusia, ilmu Fisika memberikan banyak penemuan yang telah mengubah dunia dan meningkatkan kehidupan manusia. Beberapa di antaranya meliputi teori relativitas, kuantum, optik, nuklir dan termodinamika dan ini sangat membantu umat manusia serta meningkatkan kualitas. Pada artikel ini akan membahas beberapa hukum fisika yang berperan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Hukum Newton I tentang Gerak

Ketika mengendarai sebuah mobil dan memperlambatnya, ini mengalami hukum Newton pertama tentang inersia, yang menyatakan bahwa benda akan tetap dalam keadaan gerak atau diam kecuali ada gaya eksternal yang bekerja padanya.

2. Hukum Newton II tentang Gerak

Ketika menekan pedal gas mobil, dalam peristiwa ini mengalami hukum Newton kedua, yang menyatakan bahwa gaya yang diberikan pada suatu benda sebanding dengan percepatannya.

3. Hukum Newton tentang Aksi dan Reaksi

Saat mendorong kursi, kursi akan memberi Anda gaya yang sama besar dan berlawanan arah. Ini adalah contoh dari hukum ketiga Newton, yang menyatakan bahwa setiap aksi memiliki reaksi yang sama besar tetapi berlawanan arah.

4. Hukum Kekekalan Energi

Ketika menggunakan alat elektronik seperti ponsel, energi tidak diciptakan atau dihancurkan, tetapi hanya diubah bentuknya dari satu bentuk menjadi bentuk lain, sesuai dengan hukum kekekalan energi.

5. Hukum Termodinamika

Saat memasak di dapur, hukum pertama termodinamika menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi hanya dapat berubah bentuk dari panas menjadi energi kinetik makanan dan sebaliknya.

Referensi :

"Physical science is that department of knowledge which relates to the order of nature, or, in other words, to the regular succession of events."
Womersley, J. (2005). "Beyond the Standard Model"
Eames, I.; Flor, J. B. (2011). "New developments in understanding interfacial processes in turbulent flows"
"Bioacoustics – the International Journal of Animal Sound and its Recording"
"CERN experiments observe particle consistent with long-sought Higgs boson"





Miftahul Khair
Miftahul Khair

Oke

Articles: 43