Peristiwa Turunnya Al – Quran (Nuzulul Qur’an)

Nuzulul Quran dapat diartikan waktu diturunkannya Al-Qur’an sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW, melalui Malaikat Jibril. Jadwal peringatan Nuzulul Quran  setiap tanggal 17 Ramadhan.

Adapun keutamaan dalam malam Nuzulul Quran yakni pada malam itu Allah akan memberikan keselamatan dan kesejahteraan terhadap umatnya.

Allah SWT berfirman dalam Qs Al-Qadr ayat 5 yang artinya malam itu penuh dengan kesejahteraan.

Semua hal yang berkatian dengan Al-Qur’an menjadi istimewa. Contohnya Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang menerima Al-Qur’an menjadi manusia yang paling mulia dan malaikat Jibril merupakan malaikat yang membawa Al-Qur’an menjadi malaikat yang paling mulia.

Begitu juga dengan bulan suci Ramadhan bulan pada saat turunnya Al-Qur’an menjadi bulan yang mulia dan istimewa.  “Jadi siapa saja yang berinteraksi dengan Al-Qur’an mendapatkan keistimewaan

Apa keistimewaan Al-Qur’an atas dahsyatnya peristiwa di atas?

Al-Qur’an mengandung segudang hikmah dan keistimewaan telah menuntun manusia kepada ketakwaan dan keimanan yang baik. Penjelasan tersebut terdapat dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya: “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

Tidak hanya sampai di situ keistimewaan Al-Qur’an lainnya juga sebagai Syifa’an atau obat penyembuh dari berbagai masalah, penyakit, halangan, dan rintangan yang ada pada manusia. Dalam Al-Quran mengandung motivasi, nasihat peringatan bahkan ancaman bagi seseorang dan memberikan petunjuk kepada umat manusia yang sedang kebingungan.

Dalam Surah Al-Baqarah Ayat 186 juga terdapat hudan linnas yang memberi petunjul-umat manusia. Jika ayat tersebut bisa di pahami dengan baik maka bisa mengantarkan manusia pada ketakwaan dan kebahagian hidup di dunia dan akhirat.

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Miftahul Khair
Miftahul Khair
Articles: 20