Web3 : Kegunaan Quantum Computer pada Teknologi Blockchain

Quantum Computing adalah jenis komputer baru yang memanfaatkan prinsip-prinsip mekanika kuantum untuk melakukan perhitungan. Tidak seperti komputer klasik yang menggunakan bit, yang hanya dapat mewakili 0 atau 1, komputer kuantum menggunakan qubit, yang dapat mewakili 0, 1, atau keduanya secara bersamaan. Hal ini memungkinkan komputer kuantum untuk melakukan perhitungan yang tidak mungkin dilakukan oleh komputer klasik.

Prinsip Utama Komputer Kuantum terdiri dua bagian yaitu superposisi dan keterikatan yang dimana superposisi Qubit dapat berada dalam keadaan superposisi, yang berarti dapat mewakili 0 dan 1 secara bersamaan. Hal ini memungkinkan komputer kuantum untuk melakukan perhitungan pada banyak kemungkinan secara bersamaan. Sedangkan untuk keterikatan Qubit dapat saling terikat, yang berarti bahwa mereka dapat berbagi informasi satu sama lain. Hal ini memungkinkan komputer kuantum untuk melakukan perhitungan yang kompleks yang tidak mungkin dilakukan oleh komputer klasik.

Adapun Potensi manfaat yang pertama pada komputer kuantum yaitu mampu memecahkan kode enkripsi yang saat ini digunakan untuk melindungi data online. Hal ini dapat berdampak besar pada keamanan internet. Kedua, dapat membuat dan menciptakan material baru dengan sifat yang diinginkan.

Ada beberapa Contoh Penggunaan Komputer Kuantum dalam web3. Komputer kuantum (QC) memiliki potensi untuk merevolusi berbagai aspek web3, termasuk:

1. Keamanan

Algoritma kriptografi baru yang tahan terhadap serangan kuantum dapat digunakan untuk mengamankan data dan transaksi di web3 dengan lebih baik. Hal ini sangat penting untuk melindungi aset digital dan informasi sensitif dari aktor jahat. Dan juga teknik autentikasi baru yang memanfaatkan prinsip-prinsip kuantum dapat digunakan untuk memverifikasi identitas pengguna secara lebih aman dan andal dalam aplikasi web3.

2. Skalabilitas

Algoritma konsensus baru yang dioptimalkan untuk QC dapat memproses transaksi lebih cepat dan efisien, meningkatkan throughput jaringan Web3 dan mengatasi hambatan skalabilitas yang dihadapi platform saat ini. Kemudian, kekuatan komputasi paralel QC dapat digunakan untuk memproses data dalam jumlah besar secara lebih cepat, memungkinkan skalabilitas yang lebih baik untuk aplikasi web3 yang kompleks seperti analisis data on-chain dan pembelajaran mesin.

3. Aplikasi Baru 

Pada aplikasi yang diciptakan melalui komputer kuantum mampu memprediksi pasar yang lebih akurat dan efisien serta dapat dibuat dengan memanfaatkan kemampuan QC untuk memodelkan sistem kompleks dan memprediksi tren pasar. Pada model AI yang lebih canggih dapat dikembangkan dengan QC untuk meningkatkan fungsionalitas aplikasi web3 seperti manajemen aset, analisis risiko, dan otomasi tugas. Untuk sistem jaringan komputasi, jaringan yang terdistribusi menjadi lebih aman dan efisien dapat dibangun dengan QC, memungkinkan kolaborasi yang lebih baik dan berbagi data dalam ekosistem web3.

Penting untuk dicatat bahwa bidang komputasi kuantum dan web3 masih dalam tahap awal pengembangan. Contoh-contoh ini hanya mewakili kemungkinan aplikasi QC di masa depan, dan rincian spesifik tentang implementasinya masih dalam tahap pengembangan Namun, potensi manfaat komputer kuantum untuk web3 sangatlah besar, dan kita dapat menantikan untuk melihat bagaimana teknologi ini akan membentuk masa depan internet yang terdesentralisasi dan aman bagi pengguna.

Referensi :

Quantum Blockchain: The Future of Decentralized Finance: 
https://consensys.io/
Quantum Computing and Its Potential Impact on Web3: 
https://www2.deloitte.com/us/en/insights/industry/financial-services/financial-services-industry-predictions/2023/quantum-computing-in-finance.html
Russell, John (10 January 2019). "IBM Quantum Update: Q System One Launch, New Collaborators, and QC Center Plans"
Benioff, Paul (1980). "The computer as a physical system: A microscopic quantum mechanical Hamiltonian model of computers as represented by Turing machines".
Manin, Yu. I. (1980). Vychislimoe i nevychislimoe [Computable and Noncomputable] (in Russian). Soviet Radio. 


Miftahul Khair
Miftahul Khair

Oke

Articles: 43