Bina Desa Hmj Fisika: Dari Desa Membangun Negeri

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fisika UIN Alauddin Makassar (UINAM) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan kegiatan Bina Desa. Pengabdian Masyarakat tersebut merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan Bina Desa HMJ Fisika dilakukan di Dusun Borong Buah Desa Rannaloe, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, dengan tema “Dari Desa Membangun Negeri”

Adapun program kerja yang di jalankan selama 3 hari yakni dari tanggal 10-12 Mei 2024 adalah mengajar di sekolah, sosialisasi, gotong royong dan pengaktifan masjid.

Kelas Inspirasi Bina Desa Hmj Fisika, 11 Mei 2024

Dalam kegiatan Bina Desa, sebagai penanggung jawab kegiatan, Ragil Bagaswara menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Bina Desa selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat adalah untuk mensosialisasikan pentingnya pendidikan.

“Tujuan dari kegiatan itu yaitu untuk menumbuhkan pandangan anak-anak disana mengenai pentingnya pendidikan bagi pembangunan negara dan akan terwujudnya indonesia emas tahun 2045 karna dari anak- anak tersebut dan untuk masyarakat tujuannya untuk menambah wawasan mengenai permasalahan di dalam bertaninya,” jelasnya.

Sementara itu mahasiswa yang akrab disapa Ragil tersebut menjelaskan mengapa memilih Dusun Borong Buah untuk dijadikan Desa Binaan karena Dusun Borong Buah kurang diperhatikan oleh pemerintah.

“Karena Dusun Borong Buah akses menuju ke sananya masih sulit untuk dimasuki pihak terkait jadi masih kurang dilihat dan diperhatikan dan terfokus pada pendidikannya masih sangat kurang dan untuk masyarakat disana itu kebanyakan bertani dan suka menanam sayuran dipekarangan rumahnya dan mungkin bisa dikasih edukasi mengenai hal tersebut,” jelasnya.

“Kelanjutan dari Bina Desa yaitu kita mau melihat perkembangan anak-anak disana dari yang belum bisa membaca, menulis ataupun mengenal huruf apakah sudah dikategori bisa untuk hal itu dan untuk masyarakat disana kita sudah survei ke beberapa warga yang memiliki tanaman sayuran dan penyampaian dari kepala dusun, hal yang masih kurang di sana yaitu pupuk, maka dari itu insyaallah kelanjutannya nanti kita buatkan pupuk untuk dipakai disana dan kita ajari cara pembuatannya supaya nanti bisa dibuat dengan sendiri oleh warga setempat,” tambahnya.

Sejalan dengan itu Ketua Hmj Fisika, alamsyah berharap dengan adanya kegiatan Bina Desa ini Dusun Borong Buah bisa mendapat perhatian dari pemerintah sehingga bisa menjadi lebih baik lagi.

“Semoga desa yang kami bina ini yakni Dusun Borong Buah menjadi desa yang berkembang baik dari segi mata pencarian maupun pendidikannya. Semoga fasilitas sekolah dapat dipenuhi oleh pemerintahan dan akses jalan dapat di perbaiki.

Kegiatan Bina Desa tersebut ditutup oleh Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Guppi Borong Buah dengan menyampaikan ucapan terimakasih kepada para Volunteer Hmj Fisika

“Terimakasih kepada mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi yang sudah datang kesini, dihari libur,” ucapnya.

Penulis: Putri Nur Sabrini Anastasia

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

HMJ Fisika
HMJ Fisika
Articles: 21