Asteroid Pembunuh Bumi?

1. Pengertian

Asteroid atau planetoid adalah earth-earth kecil yang jumlahnya puluhan ribu dan mengorbit mengelilingi Matahari. Letak route asteroid sejajar dengan ekliptika Bumi dan terletak di antara route Mars dan Jupiter. Orbit asteroid hampir berbentuk lingkaran. Selain itu ada juga beberapa asteroid yang mempunyai bentuk elips.

Ruang Angkasa

Asteroid menciptakan bidang orbit yang sangat luas. Orbitnya berada di antara orbit Mars dan Jupiter. Ahli astronomi menyebutnya sebagai sabuk asteroid. Namun pada kenyataannya, sebagian asteroid ada yang mengorbit di luar sabuk.

Benda antariksa ini pada umumnya ditemukan pada sabuk asteroid yang berada di antara route Earth Mars dan Planet Jupiter. Asteroid merupakansebagai benda luar angkasa yang gagal menjadi earth. Salah satunya adalah Ceres, sebuah Asteroid yang pernah merupakan Planet baru. Penemu Asteroid Ceres yaitu Giuseppe Piazi pada tahun 1801.

2. Jenis Asteroid

Ada dua jenis asteroid yaitu Asteroid jenis Aten dan Apollo. Asteorid Aten lebih sering berada di dalam route earth. Selain memotong route earth, ternyata Asteroid jenis ini memiliki periode revolusi yang mirip dengan periode revolusi earth. Jenis Asteroid yang lain yaitu Asteroid Amor dan Asteroid Apollo. Asteroid jenis Amor sangat tidak membahayakan Bumi, hal ini karena route dari Asteroid ini tidak memotong route Bumi.  Jenis Asteroid Apollo sedikit membahayakan Bumi. hal tersebut karena route dari Asteroid ini berpotongan dengan route earth. Namun, perbedaan jenis Asteroid Apollo dan Aten terletak pada lama waktunya berada dalam route earth. Asteroid jenis Apollo tidak banyak menghabiskan waktu di dalam route earth, sedangkan Asteroid jenis Aten menghabiskan banyak waktu di dalam route earth.

Bahan asteroid ini hanya akan ditemukan di inti bumi, matahari ataupun earth lainnya. Pembentukan asteorit berasal dari pembentukan protoplanet atau pembentukan sistem tata surya.  Asteroid  terdiri dari essence, memang sangat unik dan belum pernah ada sebelumnya.  Maka dari itu inilah yang membuat para ilmuwan NASA tertarik untuk mempelajari sejarah pembentukan dan matal apa saja yang terkandung  dalam asteroid ini.

Asteroid yang akan mendekati Bumi ini memiliki nama Asteroid NH4 2002 dan termasuk jenis Asteroid Aten, yaitu Asteroid yang orbitnya berpotongan dengan route earth.

Ilustrasi Datangnya Asteroid

Asteroid itu diperkirakan akan datang dalam jarak 20.000 mil dari permukaan Bumi. Kira-kira sepersepuluh jarak dari Bumi ke Bulan. Itu berarti akan mendekati orbit dan banyak satelit yang mengikut. Itulah sebabnya para ilmuwan begitu khawatir.

Peristiwa Asteroid yang menabrak Bumi tentunya membuat semua orang khawatir. Bukan tanpa alasan, hal ini pernah terjai sebelumnya saat punahnya makhluk terbesar yang pernah ada, yaitu dinosaurus karena Asteroid yang menabrak bumi. Dalam penelitian Sean Gulick dari University of Texas Institute for Geophysic, bebatuan dari Asteroid yang menabrak Bumi dan mengakibatkan pendinginan ekstrem pada Bumi pada 66 juta tahun yang lalu, yang berada di semenanjung Yucatan, Meksiko.

Editor : Putri Nur Sabrini

https//www.kompasiana.com/rrnoor/58f53a808423bd1821f34430/mengenal-asteroid-16-psyche-yang-dijadikan-misi-khusus-nasa-tahun-20232030
Closest Flyby of Large Asteroid to be Naked-Eye Visible : Robert Roy Birtt , 2005
Miftahul Khair
Miftahul Khair
Articles: 20