Biografi, Masa Kecil dan Awal Karir Nikola Tesla

Biografi Nikola Tesla

Nikola Tesla  adalah seorang fisikawan, teknisi mekanik, dan teknisi listrik berkebangsaan Serbia-Amerika, ia terkenal berkat kontribusinya dalam mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik.

Lahir pada 10 Juli 1856 di Smiljan, dan dibesarkan di Kekaisaran Austria (sekarang Kroasia), Tesla menyelesaikan pendidikannya dalam bidang teknik dan fisika pada tahun 1870-an di Pendidikan Universitas Teknologi Graz. Ia sempat bekerja di bidang telefoni pada awal 1880-an dan di Continental Edison dalam bidang industri tenaga listrik. Ia pindah ke Amerika Serikat pada 1884 dan menjadi warga negara di sana. Ia sempat bekerja di Edison Machine Works di Kota New York, lalu memutuskan untuk keluar. Dengan bantuan rekannya untuk pembiayaan dan pemasaran ide-idenya, Tesla mendirikan laboratorium di New York untuk mengembangkan berbagai peralatan kayu dan mekanik.

Masa Kecil

Nikola Tesla dilahirkan sebagai etnis Serbia di sebuah desa di Smiljan, Lika, Kekaisaran Austria (sekarang Kroasia) pada tanggal 10 Juli 1856. Ayahnya bernama Milutin Tesla adalah seorang Pendeta Kristen Ortodoks. Ibu Tesla, Đuka Tesla (née Mandic), memiliki bakat untuk membuat alat kerajinan rumah, peralatan mekanik, dan kemampuan untuk menghafal puisi epik Serbia.  Nikola (nama panggilan sewaktu kecil) memiliki bakat memori eidetik dan kemampuan kreatif dari genetika dan pengaruh ibunya. Nenek moyang Tesla berasal dari bagian barat Serbia, dekat Montenegro.

Tesla adalah anak keempat dari lima bersaudara. Dia memiliki kakak bernama Dane dan tiga saudara perempuan, Milka, Angelina dan Marica. Dane tewas dalam kecelakaan berkuda ketika Nikola Tesla berumur lima tahun. Pada tahun 1861, Tesla mengenyam pendidikan di sekolah dasar di Smiljan di mana ia belajar bahasa Jerman, aritmetika, dan agama. Pada tahun 1862, keluarga Tesla pindah ke Gospic, Lika, di mana ayah Tesla bekerja sebagai seorang pendeta. Nikola menyelesaikan sekolah dasar, kemudian sekolah menengah.

Masa Sekolah Menengah

Pada tahun 1870, Tesla pindah ke Karlovac di bagian utara untuk menempuh sekolah menengah atas di Gymnasium Karlovac. Kelasnya menggunakan bahasa Jerman sebagai pengantar karena sekolahnya ini berada di dalam Militärgrenze Austria-Hungaria.

Tesla kemudian menulis bahwa ia tertarik dengan demonstrasi kelistrikan oleh profesor fisikanya. Ia mencatat bahwa demonstrasi “fenomena misterius” ini membuatnya ingin tahu lebih lanjut mengenai gaya ini. Tesla mampu menghitung kalkulus integral dalam kepalanya, sehingga gurunya mengira bahwa ia mencontek. Ia menyelesaikan masa sekolah dalam tempo tiga tahun dan lulus pada tahun 1873.

Pada tahun 1873, Tesla kembali ke kota kelahirannya yaitu Smiljan. Tak lama setelah ia tiba Tesla terjangkit kolera, dia terbaring di tempat tidur selama sembilan bulan dan hampir mati beberapa kali. Ayah Tesla, di saat-saat putus asa, berjanji akan mengirimnya ke sekolah teknik terbaik jika ia pulih dari penyakit, meski ayahnya awalnya ingin dia menjadi pendeta.

Pada tahun 1874, Tesla menghindar untuk direkrut menjadi tentara Austria-Hungaria di Smiljan, dengan melarikan diri ke Tomingaj, dekat Gračac. Di sana, ia menjelajahi pegunungan dengan mengenakan pakaian pemburu. Tesla mengatakan bahwa berkontak dengan alam membuatnya lebih kuat, baik secara fisik maupun mental. Dia membaca banyak buku sementara di Tomingaj, dan kemudian mengatakan bahwa buku karya Mark Twain telah membantunya secara ajaib sembuh dari penyakit sebelumnya.

Awal karir

Pada tahun 1881, Tesla pindah ke Budapest untuk bekerja di bawah Ferenc Puskas pada perusahaan telegraf, Budapest Telephone Exchange. Setelah tiba, Tesla menyadari bahwa perusahaan dalam masa pembangunan, menurut dia tidak fungsional, sehingga ia bekerja sebagai juru telegraf di kantor pusat sebagai gantinya. Dalam beberapa bulan, Budapest Telephone Exchange menjadi fungsional dan Tesla pindah ke posisi listrik utama. Selama masa kerjanya, Tesla membuat banyak perbaikan peralatan Stasiun Sentral dan mengaku telah menyempurnakan telepon repeater atau penguat, yang tidak pernah dipatenkan atau dijelaskan ke publik.

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi :

Tesla, Nikola (1919). My Invention. Electrical Experimenter.
O'Neill, John J. (1944). Prodigal Genius BIOGRAPHY OF NIKOLA TESLA. New York: Ives Washburn.

 

Baca Tulisan Sebelumnnya: SEJARAH SINGKAT HUKUM NEWTON

Miftahul Khair
Miftahul Khair

Oke

Articles: 43