Fisika: Antara Persepsi dan Kenyataan

Fisika merupakan ilmu yang menjadi dasar dari alam semesta dan seluruh interaksi di dalamnya dan merupakan salah satu ilmu yang paling dekat dengan manusia. Menurut Efrizon Umar seorang ahli fisika yang telah menerbitkan banyak buku tentang fisika ini menyatakan bahwa fisika merupakan salah satu ilmu yang paling dasar dari segala ilmu pengetahuan. fisika menjadi ilmu dasar yang berguna untuk dapat memahami, mempelajari, serta mengembangkan ilmu pengetahuan lainnya dari berbagai bidang.

Namun, masih banyak yang belum sepenuhnya paham mengenai Fisika dan seringkali terjebak dalam persepsi yang keliru. Kebanyakan dari mereka menyimpulkan fisika dengan  rumus-rumus yang sulit dipahami, luar angkasa atau eksperimen layaknya ilmuan.

Nyatanya, fisika tidak serumit dan sesempit itu. Fisika dapat dengan mudah dipelajari dan dipahami oleh semua orang, membantu memahami dunia sekitar, menjadi dasar ilmu pengetahuan dan meningkatkan kemajuan teknologi.

Dengan kemajuan teknologi dan kemudahan mendapatkan informasi dan pengetahuan kita bisa meningkatkan pemahaman kita terhadap fisika dimanapun dan kapanpun. Melepaskan diri dari persepsi yang salah tentang fisika membuka pintu ke dunia yang penuh dengan keajaiban dan pemahaman.

Dalam pengembangan teknologi, fisika memainkan peran penting dalam membantu manusia untuk menciptakan teknologi yang inovatif dan berguna, seperti telepon seluler, komputer, dan mesin-mesin modern lainnya. Fisika juga membantu manusia untuk memahami fenomena alam semesta, seperti gravitasi, cahaya, dan energi.

Secara keseluruhan, pandangan orang-orang tentang fisika dapat bervariasi, tetapi mayoritas menganggap fisika sebagai cabang ilmu yang penting dalam memahami alam semesta dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Penulis: Aryadi Samsul

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

HMJ Fisika
HMJ Fisika
Articles: 26