Hukum Kirchoff Part 1

Halo sobat fisika, sudah pernah mendengar Hukum Kirchhoff? atau ilmuan bernama Kirchhoff? Ya, Sesuai dengan namanya Hukum Kirchhoff diperkenalkan pada tahun 1845 oleh Gustav Robert Kirchhoff.

Gustav Robert Kirchhoff merupakan seorang ahli fisika yang berkontribusi pada pemahaman konsep dasar teori rangkaian listrik dan emisi radiasi.

Pengertian Hukum Kirchhoff

Hukum Kirchhoff merupakan hasil dari dua (aturan) yang menjelaskan mengenai rangkaian listrik tertutup. Kedua aturan tersebut umunmmya di kenal dengan Hukum I Kirchhoff dan Hukum II Kirchhoff.

Bunyi Hukum I Kirchhoff

Dalam Hukum I Kirchhoff menyatakan tentang kekekalan muatan listrik. Pada dasarnya muatan listrik itu kekal karena muatan listrik tidak hanya muncul begitu saja atau menghilang dan juga tidak menumpuk di satu titik ataupun berkurang di titik lainnya.

Hal ini dapat diterapkan dalam rangkaian listrik tertutup yang memiliki persimpangan atau yang sering di sebut dengan titik cabang. Muatan listrik yang mengalir disebut sebagai arus listrik.

Sehingga, bunyi Hukum I Kirchhoff sebagai berikut ;

“Jumlah arus listrik yang masuk ke suatu titik cabang dalam rangkaian listrik tertutup, akan sama dengan jumlah arus listrik yang keluar dari titik cabang tersebut”.

Contoh sederhananya, arus yang masuk dan keluar suatu persimpangan (titik cabang) adalah sama.

Bunyi Hukum II Kirchhoff

Jika Hukum I Kirchhoff membahas tentang arus, maka Hukum II Kirchhoff menerangkan tentang tegangan listrik dalam rangkaian tertutup.

Hukum II Kirchhoff berbunyi:

“Jumlah aljabar dari beda tegangan (beda potensial listrik) suatu rangkaian tertutup sama dengan nol. Di mana tegangan awal dan akhir rangkaian tersebut adalah sama”.

Hal tersebut berarti dapat di artikan dengan banyaknya jumlah gaya gerak listrik (ggl) dalam rangkaian (loop) tertutup sama dengan jumlah penurunan potensial dalam loop tersebut dan di sebabkan oleh keadaan resistor.

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi:

Paul, Clayton R. (2001). Fundamentals of Electric Circuit Analysis. John Wiley & Sons.
Serway, Raymond A.; Jewett, John W. (2004). Physics for Scientists and Engineers (6th ed.). Brooks/Cole.
Howard W. Johnson, Martin Graham, High-speed signal propagation: advanced black magic, Prentice Hall Professional, 2003
Miftahul Khair
Miftahul Khair

Oke

Articles: 58