Hukum Snellius dalam Fisika: Pengertian, Bunyi, Rumus, Pemanfaatan, dan Contoh Soal

Hukum Snellius, juga dikenal sebagai Hukum Snell atau Hukum Snell-Descartes, merupakan prinsip dasar dalam fisika gelombang yang menjelaskan perubahan arah gelombang saat melintasi antarmuka antara dua media dengan kecepatan gelombang yang berbeda. Prinsip ini berlaku untuk berbagai jenis gelombang, termasuk gelombang suara.

Bunyi Hukum Snellius:

“Sinus sudut datang gelombang ke arah normal terhadap permukaan antarmuka, dibagi dengan sinus sudut keluar, adalah konstan dan sama dengan rasio kecepatan gelombang dalam dua media tersebut.”

Pemanfaatan Hukum Snellius: Hukum Snellius memiliki berbagai penerapan dalam kehidupan sehari-hari dan bidang ilmu tertentu, termasuk:

• Desain kacamata dan lensa: Pemahaman tentang bagaimana cahaya merambat melalui lensa berdasarkan Hukum Snellius penting dalam desain kacamata dan lensa koreksi penglihatan.

• Refraksi dalam optik: Hukum Snellius digunakan dalam optik untuk menghitung pembiasan cahaya saat melewati benda transparan seperti lensa atau prisma.

• Bidang keamanan: Pemahaman tentang perubahan arah suara dalam air (seperti sonar) dapat membantu dalam deteksi benda atau peristiwa di dalam air.

• Akustik: Hukum Snellius dapat digunakan untuk memahami bagaimana suara merambat melalui berbagai media, yang relevan dalam desain ruangan atau auditorium.

Contoh soal:

1. Seorang Mahasiswa menyinari kaca tebal dengan sudut 30° terhadap garis normal. Dimana cepat rambat cahaya di dalam kaca adalah 2 × 108 m/s, maka tentukanlah indeks bias kaca dan sudut biasnya.

Penyelesaian:

Diketahui:

θi = 30°

v2 = 2 × 108 m/s

Ditanyakan: n2 (indeks bias kaca) dan θr

2. Dalam sebuah Praktikum eksperimen untuk menentukan kecepatan cahaya di dalam air, seorang mahasiswa melewatkan seberkas cahaya ke dalam air dengan sudut datang 30°. Kemudian, mahasiswa mencatat sudut bias yang terjadi di dalam air ternyata besarnya 22°. Jika kecepatan cahaya di udara dianggap 3 × 108 m/s, maka tentukan kecepatan cahaya di dalam air.

Penyelesaian:

Diketahui:

i = 30°

c = 3 × 108 m/s

r = 22°

Ditanyakan: v

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi:

Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2013). Fundamentals of Physics. John Wiley & Sons.
Serway, R. A., & Jewett, J. W. (2012). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics. Cengage Learning
https://www.fisikabc.com/2018/04/contoh-soal-dan-jawaban-pembiasan-cahaya-1.html?m=0 https://images.app.goo.gl/UdGE2Vfj6jQ5UrrP7
Ira Suara
Ira Suara
Articles: 11