Energi Kinetik Translasi: Definisi & Contoh

Energi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti suatu kemampuan yang dimiliki oleh sebuah benda untuk melakukan suatu kerja. Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk-bentuk dari energi ini juga berbagai macam, dan salah satunya adalah energi kinetik. Kemudian energi kinetik ini terbagi menjadi dua jenis yaitu energi kinetik rotasi dan  energi kinetik translasi. Pada artikel ini kita akan fokus membahas energi kinetik translasi.

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena kecepatannya. Itu artinya, benda yang diam tidak memiliki energi kinetik. Besarnya energi kinetik berbanding lurus dengan massa dan kecepatan. Semakin besar massa dan kecepatan benda, semakin besar pula energi kinetiknya

Ciri-ciri dari energi kinetik adalah:

  1. Benda yang bergerak pasti mempunyai energi kinetik.
  2. Energi kinetik dipengaruhi kecepatan dan massa benda.
  3. Pergerakan dari benda memiliki arah yang beragam.
Apa itu energi kinetik translasi?

Energi kinetik translasi merupakan besaran skalar yang artinya tidak mempunyai arah. Ia hanya mempunyai besaran. Dalam matematika dan fisika, Translasi  berarti “berpindah dari satu tempat ke tempat lain”. Energi kinetik translasi adalah energi kinetik yang ada pada suatu benda karena geraknya lurus dari suatu tempat ke tempat lain.

Energi kinetik translasi dapat diukur secara berbeda tergantung pada kerangka acuan pengamat. Kerangka acuan terbagi menjadi inersia dan non-inersia. Kerangka acuan inersia adalah kerangka yang berlaku hukum I Newton, yaitu benda yang diam tetap diam, dan benda yang bergerak tetap bergerak . Bingkai jenis ini dapat diam atau bergerak secara konstan. Kerangka acuan non-inersia adalah kerangka percepatan yang mengalami percepatan linier atau percepatan sudut pada suatu sumbu.

Bagaimana contoh energi kinetik translasi?

Apabila ada seseorang sedang menaiki kereta api yang bergerak dengan kecepatan konstan. Anda melihat seorang anak melempar bola ke udara. Saat kereta melewati peron berikutnya, orang-orang di peron juga melihatnya. Namun, meskipun Anda masing-masing menyaksikan bola terlempar ke udara pada saat yang sama, Anda memiliki dua kerangka acuan yang berbeda. Kerangka acuan Anda bergerak sedangkan kerangka acuan orang-orang di platform tidak bergerak. Akibatnya, Anda menyaksikan bola bergerak vertikal ke atas dan ke bawah karena gravitasi. Namun, orang-orang di peron melihat parabola yang bagian horizontal kecepatan bola sama dengan kecepatan kereta.

Beberapa Contoh lain terkait energi kinetik translasi yaitu Kereta api yang bergerak pada lintasan, benda apa pun yang jatuh bebas karena gaya gravitasi, mengendarai mobil di jalan raya, gerak peluru dari senjata, dan Berjalan kaki atau berlari juga termasuk energi kinetik yang berasal dari manusia. Ketika berjalan atau berlari, bagian-bagian tubuh melakukan koordinasi agar bisa digerakan.

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi:

https://translate.google.com/translate?u=https://www.studysmarter.co.uk/explanations/physics/work-energy-and-power/translational-kinetic-energy/&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search
https://byjus-com.translate.goog/question-answer/name-the-three-forms-of-kinetic-energy-and-give-one-example-of-each/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc&_x_tr_hist=true
https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/rumus-energi-kinetik/

Eka Putriani Umar
Eka Putriani Umar
Articles: 3