Karir dan Prestasi Nikola Tesla

Tahun 1887

Di New York, dia bekerja untuk Edison dan merancang 24 jenis generator. Namun, keduanya sepertinya tidak pernah akur, sehingga pada tahun 1887 Tesla keluar dan mendirikan laboratoriumnya sendiri untuk karir Nikola. Dalam waktu singkat, Nikola Tesla membuktikan bahwa sistem arus bolak-baliknya jauh lebih bertenaga daripada sistem DC. Apalagi, dalam waktu kurang dari setahun, ia mematenkan sekitar 30 karya. Dan selama 20 tahun berikutnya, dia membuat banyak penemuan luar biasa di bidang teknik kelistrikan dan radio. Sayangnya, serangkaian kecelakaan menghancurkan sebagian besar karyanya.

Tesla memiliki karir  di bidang telepon dan teknik elektro sebelum beremigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1884 untuk bekerja dengan Thomas A. Edison di New York. Ia segera memutuskan untuk keluar, dengan uang investor, ia mendirikan laboratorium dan perusahaan untuk mengembangkan berbagai perangkat listrik. Oleh karena itu, motor induksi AC dan trafo sejak di bawah lisensi oleh George Westinghouse, yang juga sempat mempekerjakan Tesla sebagai konsultan. Kiprahnya pada  awal tahun pengembangan tenaga listrik juga melibatkan perjuangan perusahaan antara menetapkan standar transmisi tenaga AC atau DC, yang sebagian besar orang mengenalnya dengan perang saat ini.

Tahun 1893

Paten dan karya teoritis Tesla adalah dasar dari arus bolak-balik (Bahasa Inggris: arus bolak-balik modern, AC) termasuk penyaluran daya multifase dan motor AC,  dan pada saat masa revolusi industri kedua. Setelah demonstrasi komunikasi nirkabel pada tahun 1893 dan kemenangan dalam “Perang Saat Ini”, Tesla merupakan salah satu ahli listrik terhebat di Amerika.

Tesla melanjutkan idenya untuk penerangan nirkabel dan distribusi daya tegangan tinggi, bereksperimen dengan listrik frekuensi tinggi di New York dan Colorado Springs, dan membuat pernyataan awal (1893) tentang kemungkinan komunikasi nirkabel dengan peralatan perusahaan. Dia mencoba menerapkan ide-ide ini dalam upayanya yang luar biasa untuk mengirimkan secara nirkabel melalui interkom, proyek Menara Wardenclyffe yang belum selesai. Di laboratorium, ia juga melakukan berbagai eksperimen dengan generator mekanis/osiloskop, tabung pelepasan, dan fotografi sinar X. Ia bahkan membuat perahu yang pengendalikan dari jarak jauh, salah satunya yaitu perahu pertama yang ia tunjukkan.

Tahun 1898-1899

Untuk ciptaan ini pada tahun 1912, Nikola Tesla mendapatkan Hadiah Nobel bidang fisika. Namun jika menolak, Nikola Tesla menganggap ia lebih berhak menerima Hadiah Nobel 1909. Pasalnya pada tahun 1898 di Madison Square Garden, ia mendemonstrasikan perahu dari radio. Berbeda dengan Marconi, Nikola sangat tertarik untuk mentransmisikan energi tidak hanya dalam jumlah kecil dalam bentuk sinyal radio tetapi juga energi listrik dalam jumlah besar untuk kebutuhan rumah tangga dan industri.

Tahun 1899 ia membangun pembangkit listrik besar di Colorado Springs. Prinsip pengoperasiannya sangat sederhana, mirip dengan ayunan anak-anak. Sedikit dorongan akan mulai menggerakkannya, dorongan yang sama pada saat yang tepat akan membuat ayunan semakin tinggi. Demikian pula rangkaian osilasi listrik, yang frekuensinya dapat terimanya terletak langsung pada belitan utama. Getaran pada kutub yang terhubung ke koil Nikola kedua akan menghasilkan gelombang radio frekuensi tinggi yang dapat bergerak jauh ke sisi lain bumi di kedua arah.

Tesla terkenal karena prestasi, penampilannya dan karir, akhirnya menyebutnya sebagai “ilmuwan gila”. Paten memberinya banyak uang, yang sebagian besar digunakan untuk mendanai proyeknya sendiri dengan berbagai tingkat keberhasilan. Sebagian besar masa pensiunnya dihabiskan di serangkaian hotel di New York.

Kematian Nicholas Tesla

Nicola Tesla meninggal pada tanggal 7 Januari 1943. Karyanya dilupakan, relatif sedikit yang ketahui setelah kematiannya, tetapi pada tahun 1960 Majelis Umum tentang Berat dan Ukuran menamakannya satuan SI kerapatan fluks menerapkan tesla untuk menghormatinya. Warisan Tesla telah mengalami kebangkitan budaya populer sejak 1990-an.

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi:

O'Shei, Tim (2008). Marconi and Tesla: Pioneers of Radio Communication  
https://tirto.id/nikola-tesla-dan-mengapa-banyak-ilmuwan-melajang-seumur-hidup-cpgE
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nikola_Tesla
O'Neill, John J. (1944). Prodigal Genius BIOGRAPHY OF NIKOLA TESLA. New York: Ives Washburn, Inc
Tesla, Nikola (1919). My Invention. Electrical Experimenter.
Miftahul Khair
Miftahul Khair

Oke

Articles: 43