Membahas Tentang Ilmuan yang Meraih Nobel Melalui Kajian Kefisikaan

kajian nobel

Devisi Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika mengadakan Kajian Kefisikaan dengan tema “Peranan Fisikawan dalam Penerimaan Penghargaan Nobel” (Jum’at 05 Mei 2023). Kegiatan ini di laksanakan di Pelataran Gedung F, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar dan di ikuti oleh Mahasiswa Fisika.

Kajian Kefisikaan ini di bawakan oleh salah satu anggota HMJ-Fisika yakni Ahmad Haan yang menjelaskan tentang peran fisikawan dalam penerimaan Penghargaan Nobel.

Di akhir kegiatan Alamsyah selaku moderator menyimpulkan bahwa penghargaan Nobel atau dikenal juga dengan Nobel prize adalah penghargaan prestisius di dunia. Karena penghargaan ini merupakan penghargaan tahunan yang di dianugerahkan oleh akademi sains Swedia. Sehingga para fisikawan dapat berkontribusi dalam penelitian yang dapat memajukan ilmu fisika.

Koordinator divisi Penelitian dan Pengembangan HMJ-Fisika, Fira Yurdanianti mengatakan out put kegiatan ini yaitu terbentuknya mahasiswa yang mampu memahami dan mengetahui dasar-dasar dan ruang lingkup yang memiliki kaitan dengan kefisikaan. “Semoga kedepannya tercipta mahasiswa Fisika yang mengenal baik mengenai dasar-dasar keilmuan yang digunakan dalam jurusan fisika serta ruang lingkup yang berhubungan dengan kefisikaan,” harapnya. Selain itu, Muhammad Jefri selaku peserta dalam kegiatan ini juga berharap perkembangan ilmu Fisika bisa lebih di kenal lagi dan ada dari salah satu peserta yang meraih penghargaan Nobel nantinya.

“Saya berharap, perkembangan ilmu Fisika bisa lebih di kenal lagi di kalangan fisikawan dan ada dari salah satu peserta yang meraih penghargaan nantinya,” harapnya

“Kegiatan ini sangat positif apalagi saya sebagai mahasiswa Fisika kurang faham mengenai penghargaan Nobel,” tambahnya.

 

Penulis: Muhammad Ridwan

Editor : Putri Nur Sabrini Anastasia

HMJ Fisika
HMJ Fisika
Articles: 26