Mengenal Teknologi Hologram

Berbicara tentang teknologi tentunya tidak lepas dari kehidupan manusia seperti Teknologi Panel Surya: Mengubah Energi Sinar Matahari Menjadi Energi Listrik. Selama peradaban manusia ada, teknologi akan selamanya menjadi hal terpenting dalam hidup. Contoh perkembangan teknologi ini adalah hologram.

Tentunya sebagai orang Indonesia kita harus mempelajari teknologi-teknologi baru yang masuk ke Indonesia, agar tidak tertinggal  dengan negara-negara lain. Tapi tahukah Anda apa itu hologram?

Jika Anda pernah menonton  film Iron Man dan Star Wars, Anda dapat melihat contoh penggunaan hologram ini.

Apa itu hologram?

Hologram adalah produk dari teknologi yang bernama holografi.

Holografi adalah teknologi optik yang merekam dan merekonstruksi muka gelombang cahaya dan telah menunjukkan potensi untuk berguna dalam teknologi pencitraan generasi berikutnya dalam aplikasi seperti pencitraan holografik 3D dan penyimpanan data optik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hologram adalah gambar 3D atau tiga dimensi yang memberikan kesan bahwa gambar tersebut berasal dari permukaan datar. Hologram sendiri merupakan teknik fotografi yang berguna untuk merekam cahaya yang dapat menampilkan gambar secara 3D. Teknologi canggih ini biasanya bisa bergerak, berputar 360 derajat dan mengisi suara.

Mengutip dari metanesia.id Hologram terbentuk dari perpaduan berkas cahaya yang koheren dalam bentuk mikroskopis dan kemudian menampilkannya dalam bentuk 3D. Hologram bertindak sebagai penyimpan informasi optik, yang mana informasi optik yang dikumpulkan kemudian diproses untuk membentuk gambar, adegan, atau pemandangan.

Tentunya teknologi ini sangat penting bagi manusia untuk memperoleh informasi.  Keunggulan dari hologram dengan  teknologi tampilan 2D tradisional yaitu pada tampilan 2D hanya dapat menampilkan gambar proyeksi 2D dari satu sisi pemandangan 3D, yang kehilangan informasi kedalaman dan memengaruhi perolehan informasi spasial 3D. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi tampilan 3D semakin menarik perhatian. Dari semua teknologi tampilan 3D yang ada, tampilan 3D holografik dianggap sebagai teknologi tampilan 3D yang paling menjanjikan karena dapat merekonstruksi semua informasi dari pemandangan nyata atau virtual dan tidak menyebabkan kelelahan visual.

Siapa penemu hologram?

Penemu Holografi: Denis Gabor

Jika kita kaji sisi historisnya, hologram nyatanya bukanlah teknologi yang baru. Holografi ditemukan oleh Denis Gabor pada tahun 1947, mengutip dari wikipedia Dennis Gabor (5 Juni 1900 – 9 Februari 1979) ialah fisikawan Britania Raya kelahiran Kekaisaran Austria-Hungaria (kini Hungaria) yang memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisika pada 1971 untuk penemuan dan pengembangannya pada metode holografis.

Perkembangannya berlanjut pada dekade-dekade berikutnya, antara lain, pada 1960-an, Kozma dan Kelly menggabungkan teknik penyaringan spasial komputasi dan domain frekuensi untuk merancang pemikir spasial yang diadaptasi secara artifisial, meletakkan dasar bagi holografi yang dihasilkan komputer. Pada tahun 1966, Lohmann dan Brown mengembangkan metode fase terpelintir untuk mengkodekan muka gelombang optik menjadi hologram pada komputer. Tahun 1967, Lohmann dan Paris memperkenalkan algoritma Fast Fourier Transform (FFT) untuk komputasi Fourier Transform “CGH” yang secara signifikan mengurangi waktu komputasi. Pada tahun 1974, Lesem et al. untuk menawarkan bentuk film dengan efisiensi difraksi tinggi, yang berperan penting dalam teknologi CGH saat ini.” Berbagai algoritma CGH secara bertahap muncul sejak tahun 1980-an. Pada saat yang sama, perangkat modulasi baru seperti modulator akustik-optik, perangkat cermin mikro digital dan layar kristal cair diterapkan pada holografi yang dihasilkan komputer.

Bagaimana penerapan hologram dalam kehidupan sehari-hari?

Sadar atau tidak, sebenarnya kita sudah akrab dengan berbagai aplikasi teknologi hologram dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain sebagai berikut:

  1. Keamanan Uang

Hologram berguna untuk mengamankan uang. Karena teknologinya tidak dapat ditembus dan perlunya teknologi tinggi untuk membuatnya, Anda dapat menemukan contoh penggunaan hologram pada uang kertas karena penggunaan hologram mempersulit pemalsuan uang kertas.

  1. Gudang Data

Selain untuk menyimpan gambar, hologram juga berguna untuk penyimpanan informasi, sedangkan teknik untuk high-density crystal atau photopolymer dibutuhkan untuk penyimpanan data. Seni teknik ini memainkan peran penting dalam ekspresi artistik. Ada studio seni holografik bernama San Francisco School of Holography.

  1. Ponsel

Teknologi desain holografik lubang hitam untuk ponsel menggunakan hologram dengan teknologi multi-sentuh dalam pembuatannya.

  1. Layanan Bandara

Bandara Luton dan Manchester menggunakan teknologi holografik ini untuk menggantikan pekerja manusia untuk beberapa tugas. Namun masih perlu dikembangkan lebih lanjut, karena hologram hanya dapat memberikan informasi yang tersimpan.

  1. Seni

Hologram juga dapat bermanfaat dalam bidang seni bagi mereka yang ahli dalam bidang ini. Beberapa peneliti holografik mengaku sebagai seniman dan ilmuwan. Buktinya adalah studio-studio yang mengajarkan holografi, misalnya San Francisco School of Holography. Meski studio semacam itu sudah tidak ada lagi, masih ada beberapa kelompok seniman yang menggunakan hologram sebagai medianya.

Apa manfaat Hologram?

Hologram memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia, antara lain sebagai berikut:

  • Komunikasi jarak jauh menjadi lebih hidup dan menarik dengan bantuan 3D
  • Membantu komunikasi tanpa batas dan dapat dengan mudah diatasi jika ada kendala
  • Mendukung media elektronik dalam menyampaikan informasi

Kesimpulan

Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dalam bentuk mikroskopik. Di masa depan, teknologi holografik akan menjadi salah satu teknologi yang paling bermanfaat karena membuat media informasi, media gambar, pemandangan, dan adegan menjadi seperti nyata, dan mempermudah seseorang untuk berimajinasi dari hasil informasi yang perusahaan atau orang lain sampaikan.

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi:

Lee, G., L. Sung, L., Lee, B. (2019). Recent advances in metasurface hologram technologies.  ETRI Journal 41 (1): 10-22.
Pi, D., Liu, J., Wang, Y. (2022). Review of computer-generated hologram algorithms for color dynamic holographic three-dimensional display. Science & Applications 11 (1): 231.
Sachan, A. (2023). Mengenal Teknologi Hologram, Era Baru Teknologi Masa Depan. Retrivied From https://metanesia.id/blog/teknologi-hologram
Hafizulhaq, F. (2022). Menanti Era Baru Teknologi Hologram di Masa Depan. Retrivied From https://digitalbisa.id/artikel/menanti-era-baru-teknologi-hologram-di-masa-depan-5lz9p.
Pojiah. (2022). Mari Mengenal Teknologi Hologram Adalah: Manfaat, Kelebihan, Kekurangannya. Retrivied From https://idmetafora.com/
Putri Nur Sabrini Anastasia
Putri Nur Sabrini Anastasia

Asli sejak tahun 2003
"Bahagia setiap hari adalah pilihan, selamat memilih"

Articles: 23