Nikola Tesla dan Penemuannya

Pada usia 25 tahun, Tesla pindah ke Budapest, Hungaria untuk bekerja di sebuah perusahaan telegraf. Setahun kemudian, dia bergabung dengan perusahaan listrik Prancis sebagai karyawan anak perusahaan Thomas Alva Edison. Nikola Tesla bekerja untuk mengembangkan dan meningkatkan kinerja perkakas listrik. Pencapaian luar biasa ini mendorong Tesla  untuk bekerja sama langsung dengan Edison. Pada usia 28 tahun, Tesla  pindah ke Amerika Serikat dan bekerja di bawah Edison. Setelah meninggalkan Edison, Tesla, bersama dua rekannya Alfred Brown dan Charles Peck, memberi Tesla dukungan manajemen keuangan dan  paten sebelum mendirikan Tesla Electric Company.  Tesla mengembangkan motor listrik  AC di laboratorium di Manhattan. Sebenarnya, arus bolak-balik sudah dikenal jauh sebelum Tesla, tetapi Tesla merancang sistem arus bolak-balik yang terintegrasi dengan baik dalam bentuk generator, motor, kotak roda gigi, penerangan, dll., untuk menjadikan arus bolak-balik Tesla sebagai alternatif dari arus searah.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas Biografi, Masa Kecil dan Awal Karir Nikola Tesla. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai penemuan Nikola Tesla.

Berikut beberapa penemuan Nikola Tesla:

Induksi motor

Motor induksi bekerja menggunakan motor elektromagnetik. Ide ini yang Tesla pikirkan saat  masih  di Budapest. Ide itu muncul saat pertama ketika tesla melihat dinamo Gram, bertindak sebagai generator dengan arah berlawanan, berubah menjadi motor listrik. Contoh aplikasi untuk motor induksi ini antara lain penyedot debu, perkakas listrik, dan pengering rambut.

Tesla Coil

Semuanya bermula dengan ketertarikan Tesla pada transfer daya nirkabel. Tesla menemukan kumparan Tesla saat mengembangkan eksperimen Heinrich Hertz, yang dia gunakan untuk menemukan radiasi elektromagnetik, atau resonansi  gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik memiliki sesuatu yaitu resonansi. Resonansi adalah keadaan di mana suatu benda dapat mengirimkan energinya ke benda lain pada jarak tertentu. Tesla berharap dapat mengimplementasikannya dan mengembangkannya lebih jauh sehingga dapat mengirimkan energi listrik secara nirkabel. Energi akan melalui kopling induktif, yang berguna untuk mentransfer  energi. Medan listrik yang tinggi menyebabkan udara di sekitar terminal tegangan tinggi mengionisasi dan menghantarkan listrik, menyebabkan listrik mengalir melalui udara. Ini adalah konsep kunci dalam aplikasi transmisi nirkabel dalam jarak pendek atau menengah, seperti pengisi daya nirkabel ponsel.

 Radio

Mengetahui bahwa listrik dapat ditransmisikan secara nirkabel, Tesla  menerapkan hal yang sama di sini sebagai perangkat komunikasi nirkabel jarak jauh, asalkan berosilasi pada frekuensi yang sama. Pada tahun 1895, Tesla berkomunikasi hingga 80 mil, sementara Guglielmo Marconi mengembangkan perangkat untuk mengirim pesan melalui radio, yang dipatenkannya di Inggris pada tahun 1896. Marconi berhasil mengirim sinyal melintasi Selat Inggris. Keberhasilan transmisi pesan jarak jauhnya disebut-sebut karena penggunaan “osilator Tesla” di perangkatnya.

Wardencliffe Tower

Mengikuti kesuksesan Marconi, Tesla berjanji akan mengembangkan alat komunikasi untuk mengirim pesan di luar Marconi. Lalu investor Amerika, lalu JP. Morgan, $150.000 dalam bentuk Tesla. Kemudian  Tesla membangun  Tesla Coil raksasa atau Wardenclyffe Tower.

Tetapi, tanpa sepengetahuan JP. Morgan tesla pun menggunakan menara tersebut sebagai alat pemindah tenaga yang sudah menjadi impian Tesla sejak lama. Setelah bertahun-tahun mencoba, Tesla tidak dapat mendemonstrasikan perangkat tersebut dan malah meminta  tambahan  $100.000. Di tempat lain, Marconi bahkan berhasil mengirimkannya melintasi  Atlantik. Karena itu, JP.Morgan merasa bahwa berinvestasi di Tesla mengambil terlalu banyak  modal, dan bahkan proyek ini akhirnya  gagal karena investor tidak menyukai Tesla.

Pembangkit listrik tenaga air

Memanfaatkan kekuatan  air terjun, Nikola Tesla  mengembangkan proyek transmisi AC dan berhasil membangun pembangkit listrik tenaga air pertama di dunia.

Tesla terkenal karena prestasi dan kecakapan memainkan pertunjukan, akhirnya sebagian masyarakat Amerika menyebutnya sebagai “ilmuwan gila.” Dari hak paten membuatnya mendapatkan sejumlah uang yang banyak, banyak yang digunakan untuk membiayai proyek-proyek sendiri dengan berbagai tingkat keberhasilan. Sebagian besar masa pensiunnya dihabiskan dalam serangkaian di hotel New York. Dia meninggal pada 7 Januari 1943. Karyanya terlupakan, relatif tidak dikenal setelah kematiannya, tetapi pada tahun 1960 Konferensi Umum tentang Berat dan Ukuran bernama Unit SI magnetik kerapatan fluks tesla diterapkan untuk menghormatinya. Peninggalan Tesla telah mengalami kebangkitan minat dalam budaya populer sejak tahun 1990-an.

Kesimpulan

Tesla Merupakan salah satu ilmuan fisika yang sampai saat ini penemuannya mash kita gunakan salah Satunya yang dapat kita temui di kehidupan sehari-hari yaitu radio, Nikola Tesla juga membantu umat manusia dengan penemuannya yaitu tenaga air pembangkit listrik yang sampai sekarang masih di gunakan umat manusia untuk menghasilkan listrik

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi :

https://puskanas.id/news-Nikola-Tesla-dan-Penemuan-Penemuannya.html
https://www.rferl.org/a/tesla-remains-sparking-devil-worship-in-belgrade/27062700.html 
http://news.bbc.co.uk/2/hi/europe/5167054.stm
https://www.teslasociety.com/teslatower.htm
Miftahul Khair
Miftahul Khair
Articles: 20