Pengertian Hukum Hooke dan Sejarahnya

Menurut Robert Hooke sang penemu, pengertian hukum hooke adalah hukum tentang hubungan antara gaya dan perubahan gaya pegas. Besar dari gaya Hooke yang dihasilkan akan secara proposional berbanding lurus dengan jarak awal pergerakan pegas.

Sejarah Hukum Hooke

Awalnya, hukum hooke berasal dari Inggris yang diselidiki oleh ilmuwan bernama Robert Hooke. Hooke mulanya melakukan pengamatan pada sebuah pegas yang diberikan gaya tarik. Hal yang menjadi ketertarikannya adalah pertambahan panjang dari pegas tersebut.

Robert Hooke membagi benda ke dalam dua jenis, yaitu bersifat plastis dan juga elastis. Benda bersifat plastis ini merupakan benda yang tidak mengalami perubahan saat diberi gaya (tarik).

Sedangkan benda elastis adalah benda yang bisa mengalami perubahan saat diberi gaya, benda itu juga bisa kembali ke bentuk semulanya setelah tidak diberi gaya. Contohnya adalah karet, shock breaker, dan busur panah.

Dalam penelitiannya Robert Hooke melakukan percobaan dengan benda elastis dan kemudian ia mengamati terkait dengan hubungan gaya terhadap gaya pegas. Hasilnya, Hooke mengatakan bahwa besar gaya akan berbanding lurus dengan jarak kembalinya pegas atau per ke posisi awal.

Rumus Hukum Hooke

Hukum Hooke kemudian dijelaskan dalam rumus matematika berikut ini:

F = – k.x

Keterangan:

F = Gaya 9N)

k = konstanta pegas (N/m)

x = Pertambahan panjang dari pegas dari posisi awal (m)

Dari rumus di atas dapat diketahui bahwa pertambahan panjang akan muncul ketika gaya tarik menarik dilakukan. Namun, pertambahan panjang itu juga bergantung pada material dari pegas tersebut.

Bunyi Hukum Hooke

Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan di atas, maka secara sederhana dapat disebutkan bahwa semakin besar gaya atau tarikan yang diberikan kepada suatu benda yang bersifat elastis, maka pegas akan semakin mengalami pertambahan panjang dari posisi awalnya.

Hukum Hooke itu sendiri berbunyi:

“Jika gaya tarik yang diberikan pada suatu pegas tidak melebihi batas elastisitas suatu benda, maka pertambahan panjangnya akan berbanding lurus dengan gaya tariknya.”

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi  :

Griffing, Lawrence R. (2020). "The lost portrait of Robert Hooke
https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/jmi.12828
Gribbin, John; Gribbin, Mary (2017). Out of the shadow of a giant: Hooke, Halley and the birth of British science, 1946-. London
Whittaker, Christopher A. (2021). "Unconvincing evidence that Beale's Mathematician is Robert Hooke". Journal of Microscopy
Gribbin, John; Gribbin, Mary (2017). Out of the shadow of a giant: Hooke, Halley and the birth of British science, 1946-. London.
Miftahul Khair
Miftahul Khair

Oke

Articles: 58