Pentingnya Mempelajari Hukum Dalton

Halo sobat fisika, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai sejarah dan pengertian dari hukum dalton, pada artikel ini kita akan membahas pentingnya mempelajari Hukum Dalton? Yuk, simak penjelasan berikut.

Hukum Dalton juga sering disebut hukum perbandingan berganda yang merupakan salah satu hukum dasar stoikiometri. Salah satu contoh sederhana dari hukum Dalton ini adalah karbon yang bercampur dengan oksigen membetuk karbondioksida dan karbonmonoksida.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa hukum dalton ini membahas mengenai atom. Atom ini merupakan bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dapat terbagi lagi. Brbeda dengan atom, senyawa bisa di uraikan serta mampu membentuk senyawa yang baru dikarenakan senyawa tersebut tersusun dari atom-atom yang tiap atomnya tidak dapat diuraikan lagi.

Oleh karena itu hukum dalton ini tidak akan jauh dari pembahasan atom, dengan mempelajari hukum dalton kita dapat memahami bagaimana mekanisme unsur-unsur dapat bergabung membentuk senyawa baru.

Selain dapat mengetahui bagaimana senyawa itu terbentuk, kita juga dapat mengetahui berat tetap pada setiap unsur tersebut dalam senyawa yang ada. Dimana berat pada masing-masing unsur adalah sama atau tetap pada senyawa yang ada, hal ini sesuai dengan bunyi hukum dalton.

“Apabila dua unsur dapat membentuk lebih dari satu senyawa, massa salah satu unsur tersebut tetap (sama), maka perbandingan massa unsur yang lain dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan bulat dan sederhana.”

Hukum dalton menyatakan bahwa senyawa yang terbentuk dari unsur dengan rasio berat yang tetap. Contohnya jika dua unsur X dan unsur Y berinteraksi lalu membentuk suatu senyawa maka perbandingan unsur X dan unsur Y memiliki rasio yang tetap dan dapat terukur.

Selain dari pada hal tersebut, hukum dalton juga berkaitan dengan konsep mol. Mol adalah jumlah tertentu untuk mengetahui banyaknya suatu zat yang berukuran sangat kecil. Lebih tepatnya mol adalah satuan hitung yang digunakan untuk mempermudah perhitungan zat pada suatu benda.

Sebagai contoh penerapan hukum dalton yang sering kita jumpai ataupun alami dalam kehidupan sehari-hari adalah bernafas. Dimana ketika kita menghela nafas hukum dalton tersebut menjelaskannya. Saat seseorang menghela nafas yang mengeluarkan CO2 sebagai hasil respirasi dan perbandingan massa yang ada antara C dan O pada CO2 ini akan selalu tetap yakni 1:2.

Jadi atom C akan selalu membutuhkan dua atom O untuk melakukan pengikatan molekul. Bahkan kita juga dapat melihatnya berikatan dengan perbandingan sederhana lainnya.

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi:

Sulastridan Rahmadani, R.F.I.(2017). Kimia Dasar 1. Banda Aceh: Program Studi Pendidikan Kimia. hlm. 56–57.
Shandy Ali Anarkhi
Shandy Ali Anarkhi
Articles: 12