Sejarah dan Pengertian Hukum Dalton

Halo sobat fisika, kalian pernah mendengar Hukum Dalton tidak? Atau bunyi Hukum Dalton?. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Hukum Dalton. Yuk simak penjelasan berikut!

“Jika dua unsur membentuk lebih dari satu senyawa, dimana massa salahsatu unsur pembentuk tersebut konstan, maka massa unsur pembentuk yang lainnya akan berupa bilangan bulat sederhana”.

Bunyi diatas merupakan Hukum Dalton, salah satu cabang ilmu sains, mengkhususkan perihal unsur yang ada. Hukum ini ada karena meneruskan teori hukum perbandingan tetap dan hukum kekekalan massa dari Proust dan Lavoiser.

Sesuai namanya hukum Dalton ini di kemukakan oleh John Dalton yang merupakan seorang saintis fisika dan meteorologis, John Dalton lahir di Inggris pada abad 17.

Hukum Dalton mengemukakan bahwa gas campuran yang tidak bereaksi memiliki tekanan total dan jumlah parsial masing masing gas jumlahnya sama. Dalton mengatakan bahwa setiap materi terdiri atas molekul dan molekul tersebut terdiri atas atom.

Atom ini merupakan bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dapat terbagi lagi. Berbeda dengan atom, senyawa bisa di uraikan serta mampu membentuk senyawa yang baru dikarenakan senyawa tersebut tersusun dari atom-atom yang tiap atomnya tidak dapat diuraikan lagi.

Selain dari hal tersebut Dalton juga meneliti struktur dari atom yang tidak dapat di uraikan ini. Dalton menemukan bahwa atom terdiri dari tiga muatan yakni muatan negatif, muatan positif dan muatan netral. Dalton juga menemukan bahwa tiap atom memiliki struktur yang berbeda-beda dengan atom lain.

Hukum Dalton juga sering disebut hukum perbandingan berganda yang merupakan salah satu hukum dasar stoikiometri. Salah satu contoh sederhana dari hukum Dalton ini adalah karbon yang bercampur dengan oksigen membetuk karbondioksida dan karbonmonoksida.

Apabila massa karbon di dalam senyawa CO dan CO2 sama, maka massa oksigen di dalamnya akan memenuhi perbandingan tertentu. Perbandingan massa oksigen yang diperoleh Dalton pada senyawa CO dan CO2 adalah 4:8. Rumus yang digunakan untuk mencari massa suatu unsur adalah dengan membandingkannya dengan massa unsur yang lain.

Hukum perbandingan berganda menurut Dalton yaitu apabila dua unsur dapat membentuk lebih dari satu senyawa, maka perbandingan massa unsur yang satu, yang bersenyawa dengan unsur lain yang tertentu massanya, adalah bilangan bulat dan sederhana.

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Referensi:

Sulastri dan Rahmadani, R.F.I. (2017). Kimia Dasar 1. Banda Aceh: Program Studi Pendidikan Kimia. hlm. 56–57.
Shandy Ali Anarkhi
Shandy Ali Anarkhi
Articles: 13