Singularity: Tidak Memandang Ruang dan Waktu

Lubang hitam seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai Hole adalah salah satu bagian dari luar angkasa yang memiliki gravitasi yang sangat kuat sehingga cahaya sekalipun tidak dapat lolos darinya.

Pernahkah kalian bertanya-tanya apa yang ada di dalam lubang hitam tersebut?, apakah ada suatu daerah atau tempat yang menjadi pusat gravitasi paling kuat di lubang hitam.

Ya.., ada pada titik pusat lubang hitam yang memiliki gravitasi yang sangat kuat, menjadi inti dari inti pusat gravitasi pada lubang hitam, pusat ini bernama Singularity.

Singularity adalah pusat dari wilayah pada lubang hitam yang menjadi inti gravitasi yang sangat kuat. Singularity adalah tempat dimana massa yang telah terserap oleh gravitasi ini di remukkan hingga volumenya hampir nol, bahkan massa dari lubang hitam itu sendiri.

Singularity akan menarik seluruh materi bahkan dalam skala massa terkecil jika mendekati atau menyentuh cakrawala dari lubang hitam yang mengakibatkannya terperangkap untuk selamanya ataupun hancur tak bersisa.

Cakrawala adalah garis lengkung suatu bagian benda langit. Misalnya saja untuk mempermudah ilustrasinya, bumi memiliki atmosfer dimana ketika kita melewatinya kita akan masuk atau keluar bumi.

Singularity yang terletak pada pusat lubang hitam ini adalah titik satu dimensi yang memiliki massa yang sangat besar namun terletak dalam ruang yang sangat kecil sehingga kepadatan dan gravitasinya menjadi tak terbatas.

Singularity lubang hitam ini, sebenarnya masih sangat menjadi misteri dikarenakan teori fisika yang selama ini kita pelajari tidak berlaku di sana.

Singularity lubang hitam sangat sulit diteliti, cahaya yang sangat cepat saja tidak mampu keluar dari lubang hitam menjadikannya sulit untuk diamati secara langsung.

“Great endowments often announce themselves in youth in the form of singularity and awkwardness.”

~ Johann Wolfgang von Goethe ~

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

Shandy Ali Anarkhi
Shandy Ali Anarkhi
Articles: 13