Pengabdian Para Pemuda-Pemudi HMJ-Fisika Dari Desa Untuk Negeri

HMJ-Fisika melakukan kunjungan desa (kundes) di Dusun Tuhoi, Desa Tabinjai Kec. Tombolo Pao, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari bidang Humas dan Advokasi HMJ-Fisika periode 2023 dan mengambil tema “Dari Desa Membangun Negeri”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at-Ahad 23-25 Juni 2023.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 45 volunteer HMJ-Fisika yang telah lolos seleksi dan mengikuti pembekalan sebanyak tiga kali yang terbagi kedalam dua bidang yaitu bidang pendidikan dan bidang sosial.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala sekolah MI Ma’arif Dusun Tuhoi Muhammad Jaya S.Pd dan dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa jumlah siswa di  sekolah ini sebanyak 16 orang dan hanya beberapa orang siswa yang mampu membaca dan sisanya  buta huruf.

 “Jumlah tenaga pengajar di sekolah itu cuma satu orang yaitu saya sendiri dan MI Ma’arif tidak berada pada naungan dinas pendidikan jadi tidak ada dana boss yang masuk. Dan terkadang saya mengeluarkan dana pribadi untuk keberlangsungan belajar para siswa,” ujar Muhammad Jaya.

 Cindi Regita Cahyani selaku koordinator Humas dan advokasi Hmj Fisika  berharap kegiatan tersebut dapat diterima dengan baik dan bermanfaat bagi warga Dusun Tuhoi.

“Semoga apa yang kami bawa kesana dapat diterima dengan baik dan bermanfaat bagi warga di Dusun Tuhoi dan untuk para siswa dengan semangat belajar yg tinggi, semoga adek-adek disana dapat meraih cita-cita mereka dan dapat membanggakan kedua orang tuanya serta dapat mengembangkan dusun tuhoi menjadi dusun yg maju suatu saat nanti,” harapnya.

Selain itu ketua Hmj Fisika, Abdullah juga berharap kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi pendidikan dan masyarakat Dusun Tuhoi.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi pendidikan dan masyarakat. Saya berharap kegiatan ini perlu di tingkatkan lagi inovasi, kreatifitas serta ide-idenya untuk kemajuan masyarakat,” harapnya.

Kunjungan Desa tersebut dirangkaikan dengan pewakafan Al-Qur’an yang bekerja sama dengan yayasan Amalia Mustika di Dusun Tuhoi, Desa Tabinjai Kec. Tombolopao Kab.Gowa. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh anak-anak dusun Tuhoi karena mereka bisa mendapatkan Al-Qur’an yang baru untuk di baca.

Pewakafan Al-Qur’an

Muhammad Jefri selaku koordinator lapangan pada kegiatan tersebut mengatakan kendala yang dihadapi oleh teman-teman volunteer dilapangan yaitu buruknya akses jalan, cuaca yang tidak menentu karena sedang musim hujan dan kurangnya fasilitas yang menunjang.

Sekedar diketahui volunteer Hmj Fisika sepakat bahwa dalam beberapa bulan kedepan mereka akan melaksanakan follow up kegiatan terutama dalam pemanfaatan pemakaiaan pupuk kompos dan pengajaran kepada siswa-siswa.

 

Penulis: Muhammad Ridwan

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

HMJ Fisika
HMJ Fisika
Articles: 18