Mengenal Robert A. Millikan

Robert A. Millikan adalah seorang fisikawan Amerika yang memperoleh Hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 1923 karena penemuannya tentang ukuran dari muatan listrik dasar dan karyanya pada efek fotolistrik.

Siapa Robert A. Millikan?

Lahir di Morrison, Illinois, pada usia 4 tahun Millikan bersama keluarganya. Robert ialah satu anak dari menteri kongregasi yang menjabat sebagai pendeta di Mc Gregor dan Maquoketa.

Pada tahun 1902, Millikan menikah dengan wanita bernama Greta Blanchard, dan memiliki 3 putra. Millikan dosen pengajar di University of Chicago di awal 1896, setelah itu pindah ke Pasadena, California, pada 1921 dengan maksud ia bisa melanjutkan penelitiannya sendiri. Ia melanjut pendidikan di California Institute of Technology. Millikan, yang berdiskusi dengan bintang terkenal seperti Albert Einstein dan Marie Curie.

Millikan masuk di Oberlin College di Ohio dan lulus pada tahun1891. Di kampus robert lebih tertarik di bidang olahraga daripada sains, dan ia berencana mengajar pendidikannya, tetapi seorang guru fisika mempengaruhinya mengajar fisika unsur di usia mudanya.

Bagaimana pengaruh karya Millikan?

Di antara sekian banyak penghargaan yang diterima Millikan salah satunya yaitu Medal of Merit dari presiden, diberikan langsung oleh Presiden AS Harry Truman “untuk tingkah laku berjasa istimewa” dalam melayani bangsa selama PD II. Ilmuwan ini telah terlibat dalam penelitian pertahanan, termasuk pengembangan misil. Karena tuntutan pekerjaan Millikan akhirnya membentuk dasar untuk fisika partikel modern.

Ironis bahwa ia agak konservatif dalam pendapatnya tentang perkembangan abad ke-20 dalam fisika, seperti dalam kasus teori foton. Contoh lain adalah bahwa buku teks-nya, hingga akhir versi 1927, jelas menyatakan keberadaan eter, dan menyebutkan teori relativitas Einstein hanya dalam sebuah catatan datar di akhir tulisan di bawah potret Einstein, yang menyatakan sebagai yang terakhir dalam daftar dari prestasi yang bahwa ia “penulis teori relativitas khusus pada tahun 1905 dan dari teori relativitas umum pada tahun 1914, yang keduanya telah sukses besar dalam menjelaskan fenomena yang tidak jelas penyebabnya dan dalam memprediksi yang baru

Antusiasme Robert Millikan untuk pendidikannya berlanjut sepanjang karirnya, dan ini menjadikan dia sebagai salah satu penulis seri populer dan berpengaruh dari buku teks pengantar.

Pada tahun 1953 di usianya yang ke 85 Millikan mengalami serangan jantung dan meninggal di rumahnya di San Marino, California. Millikan akhirnya  dimakamkan di “Pengadilan of Honor” di Forest Lawn Memorial Park Cemetery di Glendale, California.

Referensi :

Millikan’s Oil-Drop Experiment (1910)Siegmund Brandt, Oxford Academic Books, 1992.

Baca juga: Georg Simon Ohm: Pionir dalam Teori Listrik

Miftahul Khair
Miftahul Khair
Articles: 20