Tim Mahasiswa Fisika Raih Medali Perunggu pada kompetisi IBCEx 2022 di UTM Malaysia

Tim mahasiswa Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) mengikuti ajang International Biotechnology Competition and Exhibition 2022 (IBCEx’22).

Lomba tersebut diselenggarakan oleh forum Persatuan Pelajar Kejuruteraan Bioproses (BIOSS) Universiti Teknologi Malaysia, Johor Malaysia pada 15-16 April 2022.

IBCEx’22 merupakan salah satu ajang internasional yang diadakan oleh Universiti Teknologi Malaysia. Ajang IBCEx’22 yang ke-8 ini diikuti oleh berbagai negara dengan 126 tim seperti Indonesia, Malaysia, China, India dan Singapura.

Tim Mahasiswa Fisika UINAM mengikuti lomba Innovation Project Category Green Technology berhasil meraih medali perunggu Category Innovation Product Presentation.

Tim ini terdiri dari Edysul, Fira Yurdanianti dan Tri Gunawan Musa dengan dibimbing langsung oleh Jasdar Agus S.Si., M.Sc (Dosen Fisika UINAM).

 “Untuk mengikuti lomba ini, kami sudah mempersiapkan diri sejak bulan Februari hingga April 2022. Untuk inovasi yang kami angkat terkait pengembangan energi terbarukan dengan memanfaatkan limbah industri pabrik gula yaitu limbah ampas tebu untuk menghasilkan energi listrik. Selain itu juga menggunakan limbah rumen sapi dari tempat pemotongan hewan sebagai bakteri selulotik, sehingga penelitian yang dilakukan sangat ramah lingkungan karena 80% berbasis limbah,” Ungkap Edysul.

Edysul juga menambahkan harapan kedepanya, semoga hal seperti ini bisa menginspirasi teman-teman untuk lebih berani lagi berkompetisi di ajang internasional karena tentunya banyak pengalaman dan skill yang bisa didapatkan dalam ajang-ajang seperti ini.

 

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

HMJ Fisika
HMJ Fisika
Articles: 26