Mengenal Meteor dan Meteroit Berdasarkan Jenisnya

Ruang angkasa terdiri dari persian berbagai benda dan salah satunya adalah meteor. Meteor sendiri bisa merupakan benda angkasa yang meluncur di angkasa luar yang masuk ke dalam atmosfer dan menyala karena gesekan udara, pada umumnya habis terbakar sebelum mencapai permukaan bumi, dan apabila masih bersisa benda itu jatuh sebagai meteorit. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas Bagaimana Meteor Terbentuk?

Meteor merupakan meteorid yang bergesekan dengan atmosfer bumi, meteor terkenal dengan sebutan bintang jatuh. Meteor dapat jatuh ke bumi karena adanya tarikan gravitasi bumi. Ketika memasuki atmosfer bumi atau mendekati bumi meteor akan memanas dan sebelum terbakar habis akan tampak jejak seperti ekor berkilau. Meteor tersusun dari persian bebatuan dan bongkahan logam seperti besi serta nikel.

Dilansir dari National Geographic, meteor diklasifikasikan berdasarkan ukuran, kecerahan, dan kedekatannya dengan Bumi. Adapun jenis- jenis meteor dijelaskan sebagai berikut:

1. Earthgrazers

Earthgazers adalah adalah meteor yang melesat dekat cakrawala dan terkenal karena ekornya yang panjang dan berwarna- warni. Sebagian dari persian earthgazers terpental dari atmosfer atas Bumi dan masuk kembali ke luar angkasa dan sebagian lainnya pecah di atmosfer dan melesat di langit sebagai bintang jatuh.

2. Fireballs

Fireballs adalah meteor yang lebih besar dengan ukuran sebesar bolo handbasket hingga mobil kecil. Meteor fireballs memiliki perbedaan dengan earthgazers yaitu cahayanya yang lebih terang dan tahan lama dari earthgazers.

3. Bolides

Bolides merupakan salah satu jenis meteor yang lebih terang dan masif dari persian fireball dan sering meledak di atmosfer. Ledakan ini dapat didengar dan bahkan dirasakan di permukaan bumi. Beberapa astronom mengklasifikasikan fireballs sebagai bola api yang menghasilkan ledakan sonik saat melesat melintasi atmosfer. Jenis fireballs biasa terkenal sebagai super bolide bersinar sangat terang dan menciptakan ledakan besar sehingga berbahaya bagi alam dan manusia. Sedangkan meteorit merupakan hasil dari persian meteor yang jatuh dan sampai di permukaan bumi.

Dilansir dari Persian Publikasi Natural History Museum, ada tiga jenis meteorit yang dibedakan berdasarkan jumlah logam besi- nikel.

1. Meteorit Logam

Meteorit logam hampir seluruhnya terbuat dari persian logam. Jenis ini terdiri dari persian logam besi- nikel dan sejumlah kecil mineral sulfida dan karbida. Sebagian besar meteorit besi dianggap sebagai inti asteroid yang meleleh pada awal sejarahnya

2. Meteorit Batuan

Mayoritas temuan meteorit adalah meteorit batuan, sebagian besar terdiri dari mineral silikat. Ada dua jenis meteorit batuan Chondrites, Chondrites adalah batuan yang berusia lebih dari 4,5 miliar tahun. Ini termasuk batuan fading primitif dan murni di tata surya dan tidak pernah meleleh. Achondrites termasuk meteorit dari persian Asteroid, Mars dan Bulan. Mereka berbentuk beku, sehingga pada titik tertentu akan meleleh menjadi magma. Ketika magma mendingin dan mengkristal, tercipta struktur berlapis konsentris. Earth- earth berbatu seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars terbentuk dengan cara ini. Proses diferensiasi beku membentuk kerak, mantlepiece, dan inti earth. Achondrites dapat dipelajari untuk mengetahui tentang struktur inner dan pembentukan earth, termasuk Bumi.

3. Meteorit Campuran

Meteorit campuran terdiri Dari Persian perbandingan logam besi- nikel dan mineral silikat yang hampir sama, termasuk batu permata mulia dan semi mulia.  Ada dua jenis meteorit campuran, yaitu palasite dan mesosiderite.

Kesimpulan:

Seperti yang kita ketahui bahwasanya alam semesta ini sangat-sangat misterius dan benda yang berada di ruang angkasa sampai saat ini masih di lakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut. Meteor salah satunnya benda yang dapat di ketahui keberadaanya di ruang angkasa dan itu baru sepertiga dari ruang angkasa yang di ketahui oleh manusia.

 

Editor: Putri Nur Sabrini Anastasia

 

Referensi:

Rubin, Alan E.; Grossman, Jeffrey N. (2010). Meteorite and meteoroid: New comprehensive definitions. Meteoritics & Planetary Science. Retrivied from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1945-5100.2009.01009.x 
Atkinson, Nancy. (2015). What is the difference between asteroids and meteorites?. Retrivied from https://www.universetoday.com/36398/what-is-the-difference-between-asteroids-and-meteorites/
Miftahul Khair
Miftahul Khair

Oke

Articles: 43